Langsung ke konten utama

Makanan Yang Dianjurkan Saat Nyeri Sendi

Makanan Yang Dianjurkan Saat Nyeri Sendi - Sendi sangat erat kaitannya dengan tulang, jika ingin memiliki sendi yang kuat, maka harus membangun tulang yang kuat juga. Seperti yang kita ketahui untuk membangun tulang yang kuat dibutuhkan kalsium dan vitamin D. Kalsium berfungsi untuk mendukung struktur tulang dan vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Kebanyakan penderita nyeri sendi ini terjadi pada usia yang tua, sangat jarang sekali orang yang masih muda dibawah umur 40 terkena penyakit nyeri sendi dan mengharuskan untuk mengonsumsi obat nyeri sendi. Untuk menjaga sendi agar tetap kuat maka dibutuhkan asupan gizi yang seimbang, mengandung vitamin serta yang berkhasiat untuk membangun tulang yang kuat seperti vitamin D dan Kalsium.


Akan tetapi untuk sekarang ini penyakit nyeri sendi tidak hanya dirasakan oleh orang tua saja, bahkan golongan muda pun bisa terkena penyakit nyeri sendi dikarenakan perubahan gaya hidup yang mengakibatkan pengapuran di bagian sendi. Oleh karena itu makanan atau asupan sehari-hari sangat penting untuk menunjang kesehatan terutama pada bagian sendi. Berikut ini adalah makanan yang dianjurkan dan dihindari saat menderita nyeri sendi :

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Nyeri Sendi


1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Baik
Makanan yang mengandung lemak tidak semuanya berpengaruh buruk pada tubuh kita, karena lemak terbagi menjadi 2 yaitu lemak baik dan lemak jahat. Lemak jahatlah yang harus dihindari karena dengan mengkonsumsi lemak jahat dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita. Sebaliknya untuk lemak baik dapat meningkatkan kesehatan tubuh terutama di bagian sendi. Beberapa makanan yang mengandung lemak baik :

- Buah Alpukat
Buah alpukat kaya akan lemak baik yang bagus untuk meningkatkan kesehatan sendi, selain mengandung lemak yang baik, buah ini mengandung lutein yang bagus untuk kesehatan mata.

- Kelapa
Kelapa mengandung Vitamin K, E, dan Zat besi. Vitamin K berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan mempercepat kinerja kalsium. Sementara itu Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

- Sayuran Camalina
Sayuran camalina ini terdengar asing, namun banyak sekali tersedia dipasar. Yang termasuk sayuran ini adalah kol dan brokoli. Sayuran tersebut menghasilkan minyak yang memiliki kandungan vitamin E dan Omega 3 yang bagus untuk kesehatan sendi.

- Triptofan
Triptofan adalah zat sejenis lemak yang mampu memperbaiki daerah persendian. Makanan yang mengandung triptofan ini seperti kacang tanah, susu kedelai, dan biji bunga matahari.

2. Makanan Anti Radang
Untuk mengobati nyeri sendi selain dengan makanan yang mengandung lemak yang baik, juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung efek anti radang atau inflamasi. Makanan inflamasi bisa didapatkan dari buah-buahan dan biji-bijian seperti buah kenari, aprikot, bawang putih, jahe, dan kunyit.

3. Makanan Yang Mengandung Flavonoid
Flavonoid merupakan makanan yang mengandung antioksidan dan sebagai penangkal radikal bebas. Selain berkhasiat untuk penyakit kanker, makanan flavonoid juga dapat membantu menyembuhkan nyeri sendi. Dibawah ini adalah beberapa contoh makanan yang mengandung flavonoid:

- Teh Hijau
Teh hijau mengandung senyawa polyphenol yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah inflamasi dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

- Kacang-kacangan
Kacang kacangan merupakan sumber makanan nabati yang sangat kaya akan flavonoid. Contoh dari kacang-kacangan yang mengandung flavonoid yaitu kacang kedelai, flavonoid tersebut biasa disebut isoflavon.

- Buah Berry
Buah berry memiliki warna yang gelap, warna tersebut dikarenakan mengandung flavonoid yang tinggi. Mengkonsumsi buah berry yang masih segar lebih baik daripada buah berry yang sudah lama terkena sinar matahari, ini banyak kita temui di pasar penjual buah-buahan. Buah berry yang masih segar mengandung flavonoid yang sangat melimpah.

- Sayuran
Kelompok sayuran yang menjadi sumber flavonoid yaitu sayuran yang berwarna merah dan hijau. Sayuran tersebut diantaranya paprika, tomat, cabai merah, dan terong.

4. Makanan yang Mengandung Antioksidan
Untuk mengobati nyeri sendi diperlukan makanan yang mengandung antioksidan tinggi, karena antioksidan dapat menghadapi radikal bebas.

Berikut ini makanan yang mengandung antioksidan :

- Mahkota Dewa
Senyawa yang terkandung dalam tanaman ini yaitu alkanoid, saponin, flavonoid dan poifenol yang berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi nyeri sendi, mengurangi kadar gula dan sebagai anti alergi.

- Buah Anggur
Anggur mengandung antioksidan yang termasuk dari golongan senyawa antosianin dan flavonoid. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa yang mengandung flavonoid sangat bagus untuk kesehatan sendi.

- Tauge
Kandungan senyawa aktif dalam makanan ini yaitu float, protein, fitoestrogen dan vitamin C yang berfungsi untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

- Suplemen
Kandungan kebutuhan diatas seperti vitamin dan kalsium tidak bisa dipenuhi, maka suplemen merupakan alternatif sebagai makanan yang dapat mengobati penyakit nyeri sendi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Nyeri Sendi - Nyeri Sendi atau Arthritis merupakan penyakit radang pada persendian yang biasanya ditandai dengan kemerahan, kekakuan, pembengkakan, serta rasa sakit di area persendian. Nyeri sendi ini membuat penderitanya merasa sakit yang luar biasa yang dapat mengganggu aktivitasnya. Bahkan untuk pengobatan pada setiap orang bisa berbeda-beda, namun disini kami akan memberikan Tips Cara Mengatasi Nyeri Sendi Secara Alami.

Selain karena aktivitas fisik, faktor usia juga bisa menyebabkan nyeri pada sendi. Biasanya orang yang berusia lanjut akan lebih berisiko terkena nyeri atau radang persendian. Untuk menambah pengetahuan kita tentang pengobatan dibawah ini kami punya pembahasan tentang cara mengatasi nyeri sendi.

Berikut ini adalah beberapa Ramuan Tradisional Untuk Mengatasi Nyeri Sendi :

1. Ramuan Daun Jarak
Cara mengatasi nyeri sendi yang pertama adalah dengan menggunakan bagian dari tumbuhan yang mampu menghasilkan biodiesel yaitu daun jarak.

Car…

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Nyeri Sendi

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Nyeri Sendi - Biasanya, orang yang sedang mengalami nyeri sendi tidak bisa mengkonsumsi semua makanan yang dia sukai. Karena beberapa diantaranya bisa membuat nyeri sendi yang mereka alami menjadi semakin parah.

Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari pada saat anda menderita nyeri sendi. Diantaranya adalah :


1. Gula dan Karbohidrat Olahan
Bahan-bahan ini bisa mengakibatkan peningkatan advanced glycation end product (Age). AGE merupakan toksin dalam tubuh yang bisa merusak protein tertentu. Dan jika protein yang rusak tersebut ada pada persendian anda, maka bisa dipastikan akan memperparah penyakit nyeri sendi yang anda derita.

2. Daging
Daging diyakini mengandung lemak yang mampu memperparah peradangan. Bahkan beberapa jenis daging mengandung senyawa purin tinggi. Purin adalah suatu zat yang bisa menghasilkan asam urat, yang kemudian asam urat tersebut menyebabkan peradangan pada persendian. Sehingga jika nyeri sendi tersebut karena a…

Nyeri Sendi, Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Nyeri Sendi, Pengertian, Penyebab dan Cara Mengobatinya - Nyeri Sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, menyebabkan pergerakan pergerakan dan kualitas hidup anda menjadi terganggu. Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya juga bervariasi, mulai dari ringan, menengah, sampai yang parah.
Penyebab Nyeri Sendi
Berdasarkan jumlah sendi yang terkena, nyeri sendi dikelompokkan menjadi dua, yaitu nyeri sendi pada satu sendi dan nyeri sendi pada beberapa sendi.

Pada kasus nyeri sendi di salah satu sendi, sendi lutut merupakan organ yang paling sering mengalami hal tersebut. Ada beberapa macam penyebab nyeri pada salah satu sendi, diantaranya :
Chondromalacia patallae atau kerusakan tulang rawan di belakang tempurung lutut.Haemarthrosis atau pendarahan di dalam ruang sendi akibat retak lutut atau ligamen robek. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang dalam pengobatan warfarin (obat golongan antikoagulan).Penyaki…